MODEL-MODEL PEMBELAJARAN, LANGKAH-LANGKAHNYA DAN CONTOH-CONTOHNYA

DOWNLOAD GRATIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAHNYA - Library Guru mengucapkan selamat sore untuk semuanya, smoga ada dalam lindungan Allah SWT. Amin. Kali ini akan membahas dan sekaligus share sebagaimana artikel di atas. Yu mari kita simak,

Seorang Pendidikan atau Guru harus mengenal atau mengetahui Model-Model Pembelajaran sekaligus harus bisa merencanakan, melaksanakannya. Maka dari itu kami sajikan dalam model-model pembelajaran ini dengan langkah-langkahnya. Berikut paparanya secara satu-persatu.
Langsung saja yuk ke TKP !!!
1. Koperatif (CL, Cooperative Learning).
Pembelajaran koperatif sesuai dengan fitrah manusis sebagai makhluq sosial yang penuh ketergantungan dengan otrang lain, mempunyai tujuan dan tanggung jawab bersama, pembegian tugas, dan rasa senasib. Dengan memanfaatkan kenyatan itu, belajar berkelompok secara koperatif, siswa dilatih dan dibiasakan untuk saling berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, tanggung jawab. Saling membantu dan berlatih beinteraksi-komunikasi-sosialisasi karena koperatif adalah miniature dari hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Jadi model pembelajaran koperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksu konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4 – 5 orang, siawa heterogen (kemampuan, gender, karekter), ada control dan fasilitasi, dan meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.
Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan-strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.


2. Kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning)
Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif – nyaman dan menyenangkan. Pensip pembelajaran kontekstual adalah aktivitas siswa, siswa melakukan dan mengalami, tidak hanya menonton dan mencatat, dan pengembangan kemampuan sosialisasi.
Ada tujuh indokator pembelajarn kontekstual sehingga bisa dibedakan dengan model lainnya, yaitu modeling,,,,,,,
Untuk lebih lengkapnya silahkan saja download/unduh pada link di bawah ini. 

DOWNLOAD GRATIS : 

- Model-Model Pembelajaran Dan Langkah-Langkahnya

Contoh-Contonya :
Demikian yang dapat Library Guru share/bagikan kali ini. Semoga bermanfaat. Amiinn.

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "MODEL-MODEL PEMBELAJARAN, LANGKAH-LANGKAHNYA DAN CONTOH-CONTOHNYA"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung