Rumus Menghitung Absen Siswa

Pekerjaan administrasi guru di sekolah yang rutin diantaranya adalah mengabsen siswanya dalam buku daftar kelas.
Siswa yang hadir di sekolah hendaknya dicatat oleh guru dalam buku presensi. Sementara siswa yang tidak hadir di sekolah dicatat dalam buku absensi. Dengan perkataan lain, presensi adalah daftar kehadiran siswa, sementara absensi adalah buku daftar ketidakhadiran siswa.
Begitu jam pertama dinyatakan masuk, serta para siswa masuk ke kelas, guru mempresensi siswanya satu persatu. Selain agar mengenali satu persatu siswanya yang masuk sekolah dan yang tidak masuk sekolah. Demikian juga pada jam-jam berikutnya setelah istirahat, guru perlu mempresensi kembali, barangkali ada siswanya yang pulang sebelum waktunya. Tidak jarang, siswa pulang sebelum waktunya, hanya karena sudah dinyatakan masuk melalui presensi pada jam pertama.
Pada umumnya ketidakhadiran siswa dapat dibagi kedalam tiga bagian, yaitu : 
  1. sakit, ketidakhadiran dengan alasan gangguan kesehatan, biasanya  disertai surat pemberitahuan dari orang tua atau surat keterangan sakit dari dokter;
  2. ijin, ketidakhadiran dengan keterangan dan  alasan tertentu yang  bisa dipertanggungjawabkan, biasanya  disertai surat pemberitahuan dari orang tua; dan 
  3. alpa, yaitu ketidakhadiran tanpa keterangan yang jelas,  dengan alasan yang  tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Secara administratif,  pengelolaan kehadiran dan ketidakhadiran siswa pada tingkat kelas menjadi tanggung jawab wali kelas.  Oleh karena itu, wali kelas seyogyanya dapat mendata secara akurat  tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswa di kelas yang menjadi tanggung jawabnya sekaligus dapat menganalisis dan menyajikannya dalam bentuk grafik atau tabel (diusahakan tersedia catatan harian dan tabel/grafik bulanan).
Informasi tingkat kehadiran dan ketidakhadiran siswa ini sangat berguna untuk pengambilan kebijakan, baik pada tingkat kelas  maupun sekolah serta dapat digunakan untuk kepentingan pemberian bimbingan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam menunaikan kewajiban kehadirannya di sekolah.
Berikut Rumus Menghitung Absen Siswa.
Lihat gambar absen siswa bulan Juli berikut ini.
Keterangan :
S = sakit 10 hari
I = ijin 3 hari
A = alfa / tanpa keterangan 15 hari
jumlah ketidahadiran 28 hari
Jumlah siswa 20 orang
Selanjutnya Bapak dan Ibu Guru merekap kedalam buku fekap kehadiran siswa baik semester 1 kedalam semester 2 nantinya menjadi rekap tahunan. 
Mari lihat tabel rekap absensi tahunan di bawah ini.
Jangan hawatir kami telah menyediakan format dan rumusnya melalui format microsoft excel di bawah ini. Bila ada yang memerlukan silahkan download/unduh saja link nya.
Kami sajikan juga dalam format yang lain yaitu di microsofot word.
Dan apabila ada yang memerlukan Absen Siswa kami sajikan Aplikasinya yang bisa di download / di unduh di bawah ini.
Untuk dicermati baik oleh guru, sekolah, maupun oleh pihak keluarga/orang tua wli siswa.
Upaya pengentasan masalah ketidakhadiran siswa yang bersumber dari beberapa faktor, diantaranya faktor keluarga tentu saja sangat membutuhkan peran dan keterlibatan dari keluarga itu sendiri untuk bersama-sama mencari solusi yang terbaik. Namun apabila faktor penyebabnya  diduga dari dalam diri  siswa, maka  layanan konseling perorangan atau bantuan individual tampaknya bisa dijadikan sebagai sebuah pilihan.
Ada teori umum yang bisa dijadikan pegangan bahwa apabila intensitas dan frekuensi ketidakhadiran  siswa di sekolah cenderung  tinggi dan terjadi secara masif, maka bisa diduga faktor penyebabnya adalah lingkungan sekolah, misalnya karena faktor iklim dan budaya sekolah yang kurang kondusif, bisa juga terjadi bulying atau diolok-olok oleh teman lainnya.
Rupanya tentang rumus menghitung absen siswa dan liannya cukuplah sampai di sini. Lain kali kita sambung kembali dalam waktu dan lain kesempatan. Semoga saja bermanfaat. Amin


Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

1 Response to "Rumus Menghitung Absen Siswa"

Terima kasih sudah berkunjung