POS UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 UNTUK SMP,MTs, SMPTK, SMPLB, SMPT, SMA, MA, SMAK, SMTK, SMALB, SMK, MAK, SUPM, SMAT, SPK, PEKET B, DAN PAKET C

POS UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 UNTUK SMP,MTs, SMPTK, SMPLB, SMPT, SMA, MA, SMAK, SMTK, SMALB, SMK, MAK, SUPM, SMAT, SPK, PEKET B, DAN PAKET C - Kepada seluruh Sekolah tingkat satuan pendidikan SMP/SMA/yang sederajat baik guru terutama pihak sekolah yang langsung dipimpin oleh Kepala Sekolah mulai sekarang haruslah mempersiapkan dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 yang sebentar lagi akan segera dilaksanakan. Semua ini terdapat dalam Sebuah Keputuasan Peraturan BSNP ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan. Dengan Nomor Surat : 0044/P/BSNP/XI/2017

POS UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 UNTUK SMP,MTs, SMPTK, SMPLB, SMPT, SMA, MA, SMAK, SMTK, SMALB, SMK, MAK, SUPM, SMAT, SPK, PEKET B, DAN PAKET C
Pos UN 2017/2018 untuk SMP, SMA/yang sederajat

Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan perlu menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pemerintah Menetapkan : 
PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TENTANG PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018.
Pada Pasal 1
  1. POS UN ini mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), serta Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2017/2018.
  2. POS UN sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan BSNP ini.
Pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan moda utama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Penerapan moda UNBK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian.
A. Penyiapan Sistem UNBK
  1. Panitia UN Tingkat Pusat mengembangkan sistem yang mencakup desain, program aplikasi, dan infrastruktur untuk mendukung pelaksanaan UNBK.
  2. Panitia UN Tingkat Pusat berkoordinasi dengan lembaga lain yang terkait untuk melakukan evaluasi program aplikasi dan sistem UNBK.
  3. Panitia UN Tingkat Pusat menyusun petunjuk teknis penggunaan (user manual) dan bahan pelatihan bagi tim teknis provinsi, tim teknis kabupaten/kota, proktor, teknisi, dan peserta UNBK.
  4. Panitia UN Tingkat Pusat, Panitia UN Tingkat Provinsi, dan Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN), penyedia layanan koneksi internet, dan berbagai lembaga terkait lainnya untuk memastikan tidak ada gangguan menjelang dan selama pelaksanaan UNBK.
Selengkapnya tentang POS UN Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat dilihat pada tayangan di bawah ini.


  1. Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 (siunduh disini)
Semoga sukses sukses selalu. 
Sebagai informasi baru :
Tentang POS UN Tahun Pelajaran 2017/2018 dan Surat Edaran tentang Revisi POS UN TP 2017/2018
Berikut disampaikan :

  • Surat Edaran BSNP Nomor; 0088/SDAR/BSNP/I/2018 tentang Revisi POS UN Tahun Pelajaran 2017/2018 (unduh disini);

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "POS UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 UNTUK SMP,MTs, SMPTK, SMPLB, SMPT, SMA, MA, SMAK, SMTK, SMALB, SMK, MAK, SUPM, SMAT, SPK, PEKET B, DAN PAKET C"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung