Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Plus Bukti Fisik 8 Standar Nsional Pendidikan (SNP)

Library Pendidikan - BANSM merupakan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Sesuai dengan itu Situs atau blog www.librarypendidikan.com ini kami realisasikan untuk semata-mata kepentingan kemajuan dunia pendidikan. 

Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Plus Bukti Fisik 8 Standar Nsional Pendidikan (SNP)
Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Plus Bukti Fisik 8 Standar Nsional Pendidikan (SNP)
Dan Situs web ini kami kembangkan sebagai upaya untuk merealisasikan visi, misi, dan moto BAN-S/M sebagai satuan penjaminan mutu eksternal. Sesuai dengan Visi BAN-S/M adalah terwujudnya lembaga akreditasi sekolah/madrasah yang profesional, terpercaya dan terbuka. Misi BAN-S/M adalah untuk: (1) mengembangkan sistem penyelenggaraan akreditasi yang efektif dan efisien; (2) mengembangkan perangkat dan mekanisme akreditasi yang tepat dan bermutu; (3) mengembangkan integritas dan kompetensi pelaksana akreditasi; (4) mengembangkan komunikasi, sinergi dan kerja sama akreditasi dengan berbagai pemangku kepentingan; (5) mengembangkan sistem informasi akreditasi sebagai bagian dari akuntabilitas publik dan pengambilan keputusan; (6) mengembangkan jejaring dan kemitraan dengan institusi akreditasi negara lain. Motonya adalah Akreditasi Bermutu Untuk Pendidikan Bermutu. BAN-S/M secara manajemen dan hasil akreditasi. 

Akreditasi adalah proses evaluasi dan penilaian mutu institusi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi atau program studi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi atau program studi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk menyelenggarakan program-programnya

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang. untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan., berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah yang selanjutnya dikenal dengan BAN-S/M merupakan badan evaluasi mandiri dibentuk dalam rangka pelaksanaan akreditasi. Badan ini berwenang menetapkan kelayakan program maupun satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal. Akreditasi sekolah mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

BAN-S/M telah melakukan review dan revisi terhadap perangkat akreditasi sekolah. Review dan revisi tersebut dilakukan terhadap empat elemen akreditasi, yaitu: (1) Instrumen Akreditasi, (2) Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi, (3) Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi, serta (4) Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi. Revisi terhadap Teknik Penskoran dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi ini hanya dilakukan pada jenjang SMA/MA.

Review dan revisi perangkat akreditasi dilakukan karena beberapa alasan berikut: (1) adanya butir instrumen yang perlu disesuaikan dengan kondisi di lapangan, (2) adanya butir petunjuk teknis yang multitafsir, (3) adanya butir instrumen yang belum lengkap, serta (4) teknik penskoran maupun pemeringkatan hasil akreditasi jenjang SMA/MA yang belum dibedakan pembobotann maupun belum adanya pembulatan nilai akhirnya.

Download Perangkat Akreditasi Sekolah/Madrasah Terbaru
Setiap sekolah atau madrasah yang akan melaksanakan akreditasi harus memiliki dan memahami perangkat akreditasi sekolah/madrasah. Perangkat akreditasi sekolah/madrasah digunakan sebagai pedoman dan instrumen penetapan kelayakan suatu sekolah. Dari perangkat akreditasi ini selanjutnya sekolah/madrasah dapat mempersiapkan bukti fisik yang dibutuhkan untuk setiap komponen atau setiap standar.

Dan untuk bapak/ibu guru semuanya yang kebetul akan mempersiapkan sekolahnya/madrasahnya untuk diakreditasi, silakan bisa mendownload perangkat akreditasi terbaru pada link berikut:

Demikian informasi mengenai perangkat akreditasi atau instrumen akreditasi sekolah/madrasah yang terbaru. Pastikan setiap sekolah/madrasah sudah memilikinya seperti bukti fisik Instrumen Akreditasi yang sesuai denan 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan). 
Silahkan download bukti fisik perangkat administrasi yang kami susun di bawah ini.

Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Plus Bukti Fisik 8 Standar Nsional Pendidikan (SNP)
Ilistrasi isi Format Standar Penilaian.zip


Dan semoga informasi ini bermanfaat, khususnya buat sekolah-sekolah/madrasah-madrasah yang akan diakreditasi pada tahun ini.


Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Instrumen Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK Plus Bukti Fisik 8 Standar Nsional Pendidikan (SNP)"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung