Berita Terkini Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD-Pusat Penilian Pendidikan 2018

www.librarypendidikan - Berita terkini, Pemberitahuan Informasi Unggah Nilai. Sebagai informasi unggah nilai kami beritahukan bahwa proses unggah nilai USBN oleh Satuan Pendidikan tidak perlu dilakukan melalui fitur unggah nilai pada web https://usbn.puspendik.kemdikbud.go.id/
Terima kasih.
Mekanisme Akses Soal USBN
Bapak/Ibu pengelola akun USBN, Mekanisme akses file USBN  sebagai berikut :


Mekanisme Penggunaan Akun USBN
1. USBN - Admin Propinsi
2. USBN - Admin Kab./Kota
3. USBN - Admin Satuan Pendidikan
4. Link Video Alur USBN untuk Akun Prov./Kota./Kab
5. Link Video Alur USBN untuk Satuan Pendidikan

Video Alur USBN untuk Satuan Pendidikan
Video Alur USBN untuk Satuan Pendidikan
Lihat Videonya.



Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (POS
Peraturan BSNP, NOMOR: 0045/BSNP/II/2018. Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.
Dengan hormat, Dalam rangka penyelenggaraan dan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018, untuk menjadi acuan dalam pelaksanaan USBN, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menyusun Prosedur Operasional Standar (POS) USBN Tahun Pelajaran 2017/2018 (Peraturan BSNP Nomor: 0045/P/BSNP/II/2018 tanggal 7 Februari 2018) yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sekolah Menengah Pertama Teologi Kristen (SMPTK), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT), Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK)/Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK)/Sekolah Menengah Agama Kristen (SMAK), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM), Sekolah Menengah Atas Terbuka (SMAT), Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK), serta Program Paket A/Ulla, Program Paket B/Wustha, dan Program Paket C/Ulya Tahun Pelajaran 2017/2018. 



Pedoman Penilaian oleh Pendidik dan MODUL USBN
Pusat Penilian Pendidikan. 
Penilaian adalah bagian dari kurikulum. Penilaian merupakan alat evaluasi yang berfungsi sebagai gambaran ketercapaian Standar Nasional pendidikan. Penilaian dalam kurikulum 2006 maupun 2013 memiliki cakupan yang sama untuk dinilai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dan terintegrasi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi untuk setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Implementasi Kurikulum 2013 berimplikasi pada model penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang harus dilakukan oleh pendidik. Penilaian oleh pendidik tidak hanya berfokus pada penilaian hasil belajar, tetapi juga harus memperhatikan proses penilaian yang sifatnya lebih kualitatif untuk proses perbaikan pembelajaran baik untuk pendidik maupun untuk peserta didik. Instrumen penilaian harus dirancang secara bervariasi sesuai tuntutan dalam kurikulum dan dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian yang tepat. Untuk dapat mengembangkan penilaian sesuai tuntutan tersebut, maka dibutuhkan langkah-langkah perencanaan dan pengembangan instrumen penilaian yang tepat yang mengacu pada indikator-indikator pembelajaran dan kompetensi dasarnya. Sehubungan dengan hal di atas, Puspendik–Balitbang Kemendikbud yang bergerak di bidang penilaian, menyempurnakan buku pedoman penilaian hasil belajar yang sudah dikembangkan sebelumnya, sesuai dengan kebijakan baru berkaitan dengan penilaian, sehingga secara umum buku ini dapat dijadikan acuan oleh pendidik dari sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Buku Pedoman Penilaian Kelas oleh Pendidik dapat di download melalui lampiran di bawah ini.

PEDOMAN PENULISAN SOAL
Kemendikbud. Pusat Penilaian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal, telah dibuat Pedoman Penulisan Soal yang terbagi menjadi Pedoman Penulisan Soal SD/MI, Pedoman Penulisan Soal SMP/MTs, Pedoman Penulisan Soal SMA/MA dan SMK/MAK. Kunjungi link berikut untuk mendownload pedoman:


Pedoman penulisan Soal SMA/MA dan SMK/MAK
Pedoman penulisan Soal SMA/MA dan SMK/MAK

VIDEO TUTORIAL PENULISAN SOAL
Kemendikbud.
Pusat Penilaian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal, telah dibuat video tutorial untuk Penulisan Kisi-Kisi, Penulisan Soal Pilihan Ganda, Penulisan Soal Uraian dan Isian serta Penulisan Soal HOTS,  Kunjungi link berikut untuk mendownload video:

1. Penulisan Kisi-Kisi;
    Ok di bawah kai sediakan link unduhan Video Penulisan Kisi-Kisi

2. Penulisan Soal Pilihan Ganda;

  • Penulisan Soal Pilihan Ganda 1
  • Penulisan Soal Pilihan Ganda 2
  • Penulisan Soal Pilihan Ganda 3
3. Penulisan Soal Uraian;
4. Penulisan Isian; dan
5. Penulisan Soal HOTS

  • Tingkat Kognitif HOTS
  • Karakteristik HOTS
  • Contoh Soal HOTS
Rupanya postingan pada kesempatan yang baik ini dicukupkan sampai di sini dulu. Lain kali pasti kita akan berjumpa kembali pada waktu dan kesempatan yang sama pula. Semoga kita semua dalam keadaan sihat walafiat. Amin

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Berita Terkini Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD-Pusat Penilian Pendidikan 2018"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung